Senin, 16 September 2013

Jadi Orang Gede Menyenangkan, Tapi..

Jadi Orang Gede Menyenangkan, Tapi..

"Jadi orang gede menyenangkan, tapi susah dijalananin"

Kalimat dalam iklan operator selular tersebut cukup familiar di masyarakat. Adalah operator Tri yang memakai talent anak-anak untuk membayangkan jika mereka dewasa nanti. Sejumlah anak-anak berceloteh suka-duka menjadi orang dewasa; kerja 15 jam tapi gaji hanya cukup sampai tanggal 15, kalau tanggal tua bisa ngutang di warteg, dan sebagainya. Iklan yang terbilang unik ini sering jadi bahan perbincangan di dunia maya.

Nyatanya, Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) menganggap iklan tersebut (baik versi anak laki-laki dan perempuan) tidak memperhatikan peraturan tentang siaran iklan dan ketentuan tentang perlindungan kepada anak. Alasannya, pada siaran iklan tersebut ditampilkan adegan dan narasi yang tidak layak diperankan dan diucapkan oleh anak-anak. Iklan tersebut juga mengajarkan anak-anak tentang hal di luar kapasitas mereka untuk berpikir dan meniru perilaku orang dewasa, tanpa adanya proses pendampingan dari orang tua/orang dewasa.

Pada Rabu (24/7), KPI mengirimkan peringatan tertulis pada 11 stasiun TV nasional di Indonesia. Tertulis dalam situs resminya, KPI meminta agar segera dilakukan evaluasi internal dengan cara melakukan editing pada adegan dan narasi dalam siaran iklan sebagaimana yang dimaksud di atas dan mengikuti ketentuan sebagaimana yang dimaksud P3I, untuk stasiun televisi yang telah menayangkan iklan tersebut.

Bagi stasiun televisi yang tidak atau belum menayangkan siaran iklan tersebut, surat peringatan ini bertujuan sebagai informasi bila suatu saat hendak menayangkan iklan tersebut. Selain itu KPI juga meminta agar lembaga penyiaran berhati-hati dengan penayangan iklan yang berkaitan dengan anak-anak.

sumber: tabloidbintang.com

0 komentar:

Posting Komentar